Hiburan

10 aktris dan aktor yang terlibat dalam film G30S/PKI

Film G30S/PKI

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI adalah film propaganda pemerintah terbesar sepanjang sejarah indonesia. Banyak peristiwa yang melibatkan para tokoh penting direka ulang dalam sebuah adegan mendebarkan. Menurut para analis film, aktor dan aktris yang terlibat dinilai sukses memerankan setiap tokoh dalam dalam film G30S/PKI.

Film yang di sutradarai oleh Arifin C. Noer ini mampu meraih 2 penghargaan dari Festival Film Indonesia pada tahun 1984 sebagai “Skenario Terbaik” dan pada tahun 1985 sebagai “Film Terlaris”

Namun disisi lain,  para aktris dan aktor yang terlibat kurang mendapatkan ulasan yang memadai. Berikut kami rangkum 10 aktris dan aktor yang terlibat dalam film G30S/PKI.

10

Omar Khayyam Pemeran Presiden Soekarno

Umar Kayam atau pada saat masa orde baru sering dipanggil dengan “Omar”, Pria asal kota Ngawi Jawa Timur ini lahir pada tanggal 30 April 1932 dan meninggal pada tanggal 16 Maret 2002 di Jakarta pada umur 69 tahun, Ia merupakan seorang budayawan, cerpenis, novelis, sosiolog dan juga guru besar di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1988 – Pensiun.

Umar adalah pemeran Presiden Soekarno pada film penghianatan G30S/PKI.

9

Didi Sadikin Pemeran Kolonel Sarwo Edhie

Didi Sadikin, tidak banyak yang bisa kita ketahui tentang aktor satu ini. Namun oleh perannya dalam memerankan Kolonel Sarwo Edhie cukup baik. Sarwo Edhie adalah tentara baret merah yang gagah dan tampan. Ia mendapat perintah dari Mayjen Soeharto untuk merebut stasiun RRI yang dikuasai PKI pada masa itu.

Kolonel Sarwo Edhie kemudian menjadi pemimpin dalam operasi penumpasan selanjutnya. Alasan Kolonel Sarwo Edhie mau menjadi pemimpin penumpasan G30S/PKI karena Jenderal Ahmad Yani yang dibunuh secara kejam adalah pelindung dan sahabat baik Kolonel Sarwo Edhie di Angkatan Darat.

8

Kies Slamet Pemeran Brigadir Jenderal Soepardjo

Kies Slamet

Youtube

Kies Slamet lahir pada tahun 1941 di Blitar, Jawa Timur, Ia adalah seorang aktor yang sudah membintangi banyak film di era tahun 70-90 an. Setidaknya ada sekitar 16 film lain selain Penghianatan G30S/PKI, seperti Api di Bukit Menoreh : Gugurnya Tohpati (1971) dan Pelangi di Langit Singosari (1972).

Dalam film ini Kies Slamet memerankan Jenderal Supardjo, satu-satunya jenderal yang ikut memimpin gerakan 30 September 1965.

7

Dani Marsuni

Tidak ada informasi yang lengkap yang bisa kita ketahui dari aktor Dani Marsuni ini, akan tetapi dia juga ikut menjadi aktor dalam film Penghianatan G30S/PKI sebagai pemeran pendukung. Selain film tersebut Dani juga membintangi film Serangan Fajar sebagai Temon sebagai karakter utamanya.

6

Charlie Sahetapy

Aktor yang lahir di Jakarta 23 November 1952 silam ini memulai karir di dunia akting sejak 1977. Dia juga ikut berperan sebagai aktor dalam film Penghianatan G30S/PKI sebagai pemeran pendukung, setidaknya ada 14 film selain Penghianatan G30S/PKI yang pernah di bintanginya, seperti Serangan Fajar sebagai karakter utama, dan Perawan Desa Sebagai pemeran utama.

5

Bram Adrianto Pemeran Untung Sjamsuri

Bram Ardianto yang lahir di Yogyakarta, 11 Februari 1942 pada masa Penjajahan Belanda ini adalah Seorang Aktor pada masa Orde Baru yang memulai debut pertamanya dalam film Gadis di Seberang Djalan yang dirilis pada tahun 1960.

Pada film Penghianatan G30S/PKI, Bram Ardianto memerankan Lekol Untung yang membuat namanya mulai terkenal di dunia per-film-an indonesia. Setidaknya ada 18 film yang sudah dia mainkan dari tahun 1980 sampai tahun 1990. Sinetron pertama yang dia bintangi adalah Ken Angrok yang di produksi oleh TVRI, kemudian dilanjut dengan Sinetron Singgasana Brama Kumbara, Mahkota Mayangkara, dll.

4

Sofia W.D

Sofia Waldy atau Sofia W.D lahir di Bandung, 12 Oktober 1924 dan meninggal di Jakarta, 23 Juli 1986. Sofia W.D ikut berperan dalam film Penghianatan G30S/PKI sebagai pemeran pendukung. Dia merupakan Aktris dan Sutradara yang cukup terkenal pada masa Orde Baru.

Sofia W.D sedikitnya sudah membintangi 16 Film dari tahun 1949 sampai 1986, Seperti Penangkal Ilmu Hitam, Bernafas dalam Lumpur, dll. Dia juga sudah Menyutradarai 6 Film yang cukup terkenal di indonesia seperti Badai Selatan, Tanah Harapan, Halimun, dll.

3

Ade Irawan Pemeran Johana Sunarti Nasution

Nama Asli Ade Irawan adalah Arzia Dahar yang lahir di Jakarta, 05 April 1937 Silam. Aktris ini berperan sebagai Johanna Sunarti Nasution, yaitu istri dari Jenderal AH. Nasution yang selamat dalam peristiwa penculikan 7 Jenderal yang dilakukan PKI.

Setidaknya ada lebih dari 50 Film yang dibintanginya, mulai tahun 1964 yaitu Diambang Fadjar, sampai Film terakhir Dreams pada tahun 2016. Ia juga sudah membintangi beberapa sinetron seperti Bawang Merah Bawang Putih, Selimut Hati, dll.

2

Syubah Asa Pemeran D.N Aidit

Syubah Asa Film G30S/PKI

Youtube

Pria yang lahir di Pekalongan 21 Desember 1941 ini berperan sebagai tokoh utama dalam film Penghianatan G30S/PKI. Syubah Asa berperan sebagai DN. Aidit Sekertaris Jenderal PKI saat itu..

Pada tahun 1965, PKI menjadi partai politik dengan anggota terbanyak di indonesia. Aidit dituduh sebagai dalang G30S/PKI. Tuduhan tersebut tidak sampai terbukti di pengadilan karena Aidit dibunuh oleh militer pada saat melarikan diri ke yogyakarta.

1

Amoroso Katamsi Pemeran Mayor Jenderal Soeharto

Amoroso Katamsi menjadi sangat terkenal setelah sukses memerankan Mayor Jenderal Soeharto dalam film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI. Amoroso lahir di Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940 silam.

Pada film G30S/PKI Amoroso memerankan Mayor Jenderal Soeharto dengan sangat “apik”, gagah, tegas, dan berwibawa. Pada film tersebut, Soeharto digambarkan sebagai pahlawan yang berhasil menumpas G30S/PKI.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!