Hiburan

10 aplikasi android paling populer di kalangan remaja Indonesia 

Aplikasi android paling populer
Flickr

Android merupakan platform smartphone paling populer di dunia. Di dalamnya terdapat lebih dari sejuta aplikasi. Mungkin kita penasaran, apa aplikasi android paling populer?

Menurut survey, dari ratusan juta pengguna android di berbagai belahan dunia, 50 persen diantaranya merupakan kalangan remaja. Hal ini juga terjadi di Indonesia. Kemudahan mengunduh aplikasi di Playstore secara gratis membuat kalangan remaja semakin atraktif mengekspresikan diri dengan ribuan aplikasi unik mulai dari sosial media, game, trik kamera, edit foto, dan lain sebagainya.

Nah, dari jutaan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Playstore, aplikasi mana saja yang paling digemari remaja Indonesia?

10

Smule

Bagi remaja, tidak cukup ekspresif hanya dengan mendengarkan musik sambil bersenandung mengikuti liriknya. Kini Smule menjadi aplikasi favorit dimana mereka bisa bernyanyi karaoke layaknya di tempat-tempat karaoke pada umumnya. Jutaan lagu dari berbagai genre musik tersedia lengkap di aplikasi ini mulai dari pop, rock, dangdut, jazz, keroncong, dangdut koplo, hingga lagu-lagu religi.

Dengan aplikasi Smule, para remaja bisa saling join sesama pengguna hingga memungkinkan untuk bernyanyi duet dalam versi suara maupun video. Bahkan mereka bisa mengunduh video rekaman untuk kemudian di share ke teman-teman lain. Saat ini Smule semakin kokoh di urutan teratas aplikasi karaoke setelah menjaring lebih dari 100 juta pengguna.

9

Joox

Setelah aplikasi sosmed, kamera, hingga comic reader sudah diinstal dalam satu smartphone, aplikasi mendengarkan musik gratis menjadi sasaran remaja berikutnya. Memang, kehidupan remaja tidak pernah lepas dari musik. Adalah sensasi tersendiri saat mereka bisa menikmati musik dari penyanyi-penyanyi idola, bahkan tak jarang level mood mereka semakin meningkat dengan hanya mendengarkan lagu-langu kesayangan.

Dar sekian banyak aplikasi musik di Playstore, Joox menjadi aplikasi musik gratis paling disukai remaja saat ini.  Aplikasi Joox sendiri menawarkan fitur-fitur musik yang menarik. Bahkan selain gratis, ribuan lagu didalamnya bisa dinikmati baik secara online maupun offline. Jumlah unduhan yang mencapai lebih dari 50 juta kali cukup membuktikan Joox lebih banyak diminati remaja dibanding aplikasi musik lainnya.

8

Line Webtoon

Youtube

Jangan salah, ini berbeda dengan aplikasi chatting Line, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali. Line Webtoon adalah aplikasi unik untuk membaca komik secara online. Dari dulu sampai sekarang komik merupakan bacaan ringan yang disukai oleh remaja. Dengan memanfaatkan platform android tentu membaca komik secara online menjadi lebih praktis, tanpa harus menenteng buku kemana-mana.

Dalam aplikasi LineWebtoon sendiri terdapat berbagai cerita kartun dengan beragam genre. Mulai dari cerita komik horor, super hero, komik romantis, hingga sci-fic semua tinggal klik di Webtoon. Yang paling menarik, aplikasi ini juga menawarkan beberapa judul komik yang dilengkapi fitur sound. Misalnya kita sedang membaca komik horor, maka aplikasi ini sudah menyiapkan musik-musik khas film horor. Jadi pembaca seperti dibawa masuk pada suasana dalam cerita horor tadi.  Mungkin karena masih tergolong aplikasi baru wajar jika Line Webtoone baru diunduh 10 juta kali.

7

PicsArt

Biasanya setelah puas foto-foto selfie para remaja kekinian langsung mengutak-atik foto menggunakan aplikasi edit foto. Aplikasi kekinian yang mereka pilih adalah PicsArt. Aplikasi ini awalnya hanya hadir di PC namun sekarang sudah bisa dinikmati oleh pengguna android melalui berbagai jenis gadget.

PicsArt sendiri semakin digandrungi remaja di Indonesia setelah hadirnya insert teks, crop, insert sticker dan masih banyak lagi. Cara edit foto yang mudah dan sederhana, juga hadirnya fitur-fitur lengkap yang semakin menarik, tentu sangat beralasan jika aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

6

B612

Dari sederet aplikasi sosial media, kita beralih ke aplikasi trik kamera yang super keren, namanya B612. Bagi para remaja sendiri smartphone secanggih apapun rasanya belum lengkap jika didalamnya tidak terinstal B612. Bisa dibilang B612 adalah aplikasi kamera “ajaib” karena bisa mengubah tampilan wajah yang biasa menjadi luar biasa.

Sejumlah fitur hadir di B612 seperti stiker lucu, crop, insert text, clip-art, dan masih banyak lagi. Tentu saja ini mempermudah anak-anak gaul untuk mengekspresikan diri dengan style mereka masing-masing. B612 menggeser sejumlah aplikasi kamera lainnya. Posisinya semakin kokoh di puncak karena sampai saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali.

5

Line

Line bukanlah aplikasi android paling populer namun termasuk aplikasi chatting paling unik. Hadirnya berita-berita ter-update, stiker-stiker lucu, emoticon, hingga video call dengan clip-art yang atraktif membuat Line terlihat berbeda. Tak hanya itu, fitur video call di Line hingga saat ini tetap menyuguhkan tampilan gambar terbaik. Hal ini karena hadirnya kamera beresolusi tinggi sehingga gambar video terlihat jernih dan jelas.

Hingga sekarang aplikasi dari developer Negeri Sakura ini sudah diunduh lebih dari 500 juta kali. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat, terutama para remaja gaul cukup antusias dengan aplikasi interaktif yang satu ini. Sayangnya Line membutuhkan kapasitas memori cukup tinggi sehingga untuk mengoperasikan secara lancar perlu menggunakan smartphone dengan RAM tinggi.

4

BBM

Pada awalnya Blackberry Messenger atau BBM merupakan aplikasi chatting yang pernah menempati urutan nomor satu dunia ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang menggunakan handset Blackberry. Namun seiring meroketnya pengguna smartphone berbasis android, aplikasi ini kemudian banting setir ke platform android tanpa mengubah nama. Dengan kata lain BBM bisa diakses melalui operating system apa saja termasuk android, iOS, maupun windows.

Sama halnya dengan WhatsApp, BBM juga mengandalkan fitur chatting, voice call, dan yang pasti video call. Bahkan yang terbaru hadir fitur keren yang tidak dimiliki aplikasi lain yaitu menarik pesan yang terlanjur terkirim sebelum penerima sempat membacanya. Meskipun sederet kompetitor aplikasi chatting memadati Playstore, BBM tetap menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik. Terbukti hingga saat ini BBM sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

3

Instagram

Instagram

Pexels

Kehadiran Instragram mungkin sedikit memecah konsentrasi pengguna sosial media sebelumnya. Aplikasi keren ini layak diwaspadai oleh developer lain karena mengusung fitur-fitur keren yang menyasar semua kalangan, terutama remaja. Kepopuleran Instagram tidak terbantahkan, terbukti sampai sekarang aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 milyar pengguna.

Aplikasi dengan sebutan IG ini juga mengandalkan fitur share foto dan video. Namun tidak hanya itu, sejalan dengan animo pengguna yang melonjak, saat ini Instagram lebih lengkap dengan fitur Instastory dan LIVE IG. Hebatnya lagi, Instagram sekarang lebih banyak digunakan sebagai sosial media untuk jualan online. Dengan hastag menarik, pengguna bisa mempromosikan apapun barang yang dijual kepada follower. Semakin banyak follower maka semakin besar kemungkinan barang akan terjual. Hebat bukan?

2

WhatsApp

Whatsapp

Whatsapp

Setelah diakuisisi oleh Facebook beberapa tahun lalu, WhatsApp menjadi aplikasi android paling populer di dunia untuk segmen chatting. Bahkan bisa jadi tidak ada satupun remaja di Indonesia dan di dunia yang tidak mengenal WhatsApp. Terbukti hingga saat ini WhatsApp sudah diunduh lebih dari 1 milyar kali.

WhatsApp memiliki kapasitas yang ringan sehingga aktivitas chatting berjalan sangat mudah dan cepat. Pada awalnya aplikasi ini hanya mempunyai fitur chatting, voice call, voice note, dan share foto maupun video. Namun seiring melonjaknya jumlah pengguna, saat ini WhatsApp sudah dilengkapi dilengkapi fitur video call dengan resolusi tinggi sehingga gambar sangat jernih. Tentu saja bagi remaja, WhatsApp merupakan aplikasi kekinian yang wajib di-instal di ponsel mereka.

1

Facebook

Facebook

Pixabay

Facebook masih menjadi aplikasi android paling populer yang digemari remaja Indonesia. Pada tahun 2016 lalu, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 88 juta. Angka itu masih terus merangkak naik. Pertumbuhannya pun masih tinggi, mengikuti penetrasi internet di Indonesi.

Facebook sendiri menghadirkan fitur-fitur keren khas anak muda seperti chatting, share informasi dan lokasi, upload foto dan video dan masih banyak lagi. Yang terbaru, Facebook menghadirkan fitur live braodcasting dimana kita bisa membagikan aktivitas yang kita lakukan pada teman sesama pengguna facebook. Serunya lagi, kita bisa membuat group dimana kita lebih leluasa berinteraksi dengan sesama anggota group lainnya.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!