Pengetahuan

Inilah daftar 10 negara paling banyak penduduknya

Negara Paling Banyak Penduduknya
Pixabay

Populasi manusia terus berkembang dari waktu ke waktu. Jumlah populasi manusia menyebar secara tidak merata. Ada negara yang berpenduduk banyak ada yang sedikit. Mana saja negara paling banyak penduduknya, berikut uraiannya.

Menurut CIA World Factbook tahun 2016, ada 195 negara yang tersebar di lima benua besar dunia. Total populasi manusia keseluruhan sebanyak 7.323.187.457 jiwa. Dalam hal ini, Republik Rakyat Cina menyumbangkan angka tertinggi dalam hal jumlah penduduk yang memadati negaranya.

10

Jepang

Jepang merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur.  Secara geografis, Jepang berbatasan dengan Laut Okhstosk di sebelah utara, sedangkan di selatan adalah Selatan adalah Laut Cina timur dan Laut Filipina. Di timur, Jepang berbatasan dengan Samudera Pasifik, sedangkan di barat adalah Laut Jepang dan Selat Korea. Masyarakat Jepang merupakan induk dari bangsa Mongoloid, suku bangsa aslinya adalah Aino yang tinggal di Pulau Hokkaido.

Luas wilayah Jepang adalah 377.915 km2 dan dihuni oleh 126.702.133 jiwa. Populasi penduduk Jepang adalah 1,8% dari jumlah penduduk dunia secara rasio, dengan pertumbuhan penduduk 0,3% sepanjang tahun 2016. Jepang merupakan negara dengan penduduk terbesar ke sepuluh di dunia.

9

Rusia

Secara geografis, Rusia merupakan negara terbesar di dunia yang meluas lebih dari dua benua, Eropa dan Asia. Rusia memiliki beberapa pulau, antara lain Novaya Zemlya, daratan Franz-Josef, kepulauan Siberia Baru, pulau Wrangel di Samudra Arktik, Kepulauan Kuril dan Sakhalin (yang masih dipersengketakan dengan Jepang). Selain itu, Rusia juga memiliki beberapa sungai, di antaranya Sungai Dnieper (perbatasan degan Ukraina) dan Sungai Volga.

Luas wilayah Rusia adalah 17.098.242km2 dan dihuni oleh 142.355.415 jiwa. Secara rasio, populasi Rusia merupakan 2.0% dari total penduduk dunia. Rusia merupakan negara ke sembilan dengan populasi tertinggi di dunia.

8

Bangladesh

Bangladesh terletak di kawasan Asia Selatan, dengan ibu kota Dhaka. Secara harfiah, Bangladesh bermakna “negara bengali”. Secara geografis, Bangladesh berbatasan dengan India di sebelah utara, barat, dan timur, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Benggala.

Negara ini memiliki luas wilayah 143.998km2 yang dihuni oleh 156.186.882 jiwa. Maka, apabila dihitung secara rasio, populasi Bangladesh adalah 2,3% dari jumlah penduduk di dunia. Bangladesh merupakan negara ke delapan dengan populasi penduduk tertinggi.

7

Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara yang terletak di gugusan Benua Afrika dan beribukota Abuja, yang dulu dikenal dengan nama Lagos. Secara geografis, Nigeria berbatasan dengan Niger di sebelah utara, sedangkan di sebelah selatan adalah Teluk Guinea (Samudra Atlantik). Di sebelah barat, Nigeria berbatasan dengan negara Benin, sedangkan di timur adalah Kamerun dan Chad. Nigeria memiliki iklim tropis dengan suhu tinggi sepanjang tahun.

Luas wilayah Nigeria adalah 923.768km 2 dan dihuni oleh 186.053.386 jiwa. Secara rasio, populasi penduduk Nigeria adalah 2,5% dari total jumlah penduduk dunia. Nigeria merupakan negara dengan populasi terbesar ke tujuh di dunia.

6

Pakistan

Pakistan adalah negara yang terletak di Asia Selatan. Secara geografis, Pakistan berbatasan dengan Afghanistan dan Iran di sebelah Barat, sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan India. Di sebelah Utara, Pakistan berbatasan dengan China dan di sebelah Selatan adalah Laut Arab dan Teluk Oman. Seperti India, Pakistan juga memiliki nama lokal yang lebih dikenal oleh masyarakatnya, yaitu Jamhuryat Islami Pakistan.

Negara ini memiliki luas wilayah 796.095 km2 yang dihuni oleh 201.995540 jiwa. Dengan kata lain, apabila dihitung rasio, Pakistan memiliki populasi 2,7% dari total penduduk dunia. Pertumbuhan penduduk di Pakistan 1,45% pada tahun 2016, dengan angka kelahiran 22 bayi per 1000 penduduk. Tak khayal bila Pakistan menjadi negara ke enam yang memiliki penduduk terbesar.

5

Brasil

Negara yang memiliki nama lengkap Republik Federal Brasil (Federative Republic of Brazil) ini merupakan negara terbesar di Benua Amerika Selatan, dengan Brasilia sebagai ibukotanya. Secara geografis, Brasil berbatasan dengan hampir semua negara di benua Amerika Selatan kecuali negara Cile dan Ekuador. Negara-negara yang berbatasan dengan Brasil diantaranya adalah Uruguay, Argentina, Bolivia, Paraguay, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana dan Suriname. Sedangkan di sebelah Timur Brasil adalah Samudera Atlantik.

Brasil memiliki luas wilayah 8.515.770 km2 yang dihuni oleh 205.823.665 jiwa. Angka kelahiran di Brasil adalah 14 bayi per 1000 penduduk, dengan pertumbuhan penduduknya sebesar 0,75% pada tahun 2016. Secara rasio, populasi penduduk Brasil adalah 2,8% dari jumlah penduduk dunia. Dengan demikian, Brasil menempati urutan ke-5 sebagai negara dengan penduduk terbesar di dunia.

4

Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa. Secara geografis, Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia dan juga berbatasan laut dengan beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina di sebelah utara, sedangkan di selatan Indonesia berbatasan langsung dengan daratan Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia. Di sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan perairan India, sedangkan di sebelah timur adalah daratan Papua Nugini dan Samudera Pasifik.

Luas wilayah Indonesia sebesar 1.904.569 km2 dihuni oleh 258.316.051 jiwa yang tersebar di 34 provinsi. Secara rasio, populasi penduduk di Indonesia adalah 3,5% dari jumlah penduduk dunia. Maka, Indonesia merupakan negara terbesar ke-4 dengan populasi penduduk tertinggi.

3

Amerika Serikat

Amerika Serikat atau biasa disebut dengan United States of America (USA) dalam bahasa Inggris, terletak di Benua Amerika Utara. Secara Geografis, Amerika Serikat berbatasan darat dengan Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah selatan. Sedangkan di sebelah Timur adalah Samudera Atlantik dan sebelah barat berbatasan dengan  Samudera Pasifik.

Laju pertumbuhan penduduk di Amerika Serikat adalah 0,81% setiap tahun. Negara ini memiliki luas wilayah 9.826.675 km2 yang dihuni oleh 323.995.528 jiwa. Amerika Serikat menduduki peringkat ketiga penduduk terbanyak di dunia. Secara rasio, total penduduk di negara adikuasa ini adalah 4,4% dari jumlah penduduk dunia.

2

India

India terletak di Asia Selatan, dengan ibukota New Delhi. Meskipun dikenal dunia dengan nama India, negara ini ternyata memiliki sebutan lokal yang berkembang di masyarakatnya, yaitu Bharatiya Ganarajya. Di sebelah utara, India berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan Tiongkok, sedangkan di sebelah selatannya adalah Samudera Hindia dan selat Palk (selat pemisah antara India dan Srilanka). Di sebelah timur, India berbatasan dengan Myanmar, Bangladesh dan Teluk Benggala, sedangkan di barat adalah Laut Arab dan negara Pakistan.

Selain memiliki tradisi dan kebudayaan unik, India juga memiliki beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra, Sungai Yamuna, Sungai Godavari dan Sungai Krishna yang sangat terkenal di dunia. Sungai-sungai ini diberi nama sesuai dengan  dewa-dewi yang ada dalam kepercayaan mereka.

Negara ini memiliki luas wilayah 3.287.263 km2 yang dihuni oleh total 1.266.883.598 jiwa. Dengan demikian, India menjadi negara dengan penduduk terbesar kedua setelah RRC. Secara rasio, jumlah ini merupakan 17,2% dari total penduduk di dunia.

1

Republik Rakyat Cina (RRC)

Negara yang beribukota di Beijing ini termasuk dalam gugusan Benua Asia. Di sebelah utara, Cina, berbatasan dengan Republik Rakyat Mongolia; sebelah timur adalah Laut Cina Timur dan Laut Kuning; barat  berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan; dan di selatan, Cina berbatasan dengan beberapa negara, seperti Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, Vietnam. Cina memiliki iklim sub tropis.

RRC dikenal sebagai negara komunis karena partai tunggalnya (partai komunis). Segala kekuasaan di Cina, terletak pada mereka yang menjadi pemimpin dari partai berkuasa. Negara ini memiliki luas wilayah 9.600.000 km2 yang dihuni oleh 1.373.541.278 jiwa. Secara rasio, jumlah ini merupakan 18,8% dari total penduduk di dunia.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!