Pengetahuan

Ini dia 10 Perusahaan Terbesar di Dunia

Perusahaan terbesar di dunia
digitaltrends.com

Bekerja di sebuah perusahaan adalah pekerjaan yang banyak diminati oleh orang-orang. Beberapa perusahaan pun memiliki strategi nya masing-masing agar dapat menarik konsumen. Perusahaan yang besar bukan berarti yang memiliki bangunan tinggi besar, namun merupakan perusahaan dengan aset raksasa.

Kira-kira perusahaan apa sajakah yang menduduki peringkat perusahaan terbesar di dunia?, Berikut 10 Perusahaan Terbesar di Dunia yang kami rangkum dari berbagai sumber.

10

China Mobile


Tak hanya Amerika Serikat yang memiliki perusahaan terbesar di dunia, China juga memiliki perusahaan yang besar dan juga sukses. China Mobile merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Berkat kepopuleran dan usaha kerasnya, perusahaan ini mendapatkan pemasukan hingga US $ 50,6 miliar atau sekitar Rp. 485.800 miliar. Tak hanya itu, China mendapatkan beberapa prestasi membanggakan seperti peringkat 8 dalam Financial Times ‘Global FT 500’, berada dalam posisi ke-31 dalam daftar ‘Global 2000’ Forbes Magazine dan juga terdaftar dalam ‘Top 100 Most Powerful Brands’ oleh Milward Brown. Hingga saat ini China Mobile memiliki karyawan berjumlah 493.000.
9

General Electric


General Electric atau GE merupakan perusahaan multinasional teknologi dan jasa di Amerika Serikat. Thomas Alva Edison sebagai pendiri dari perusahaan ini telah meraih ribuan hak paten dan dua hadiah Nobel. Hingga saat ini Laboratorium General Electric Global Research terus mencoba dan menemukan teknologi baru setiap harinya. Hasil karya dari perusahaan besar ini merupakan inovasi yang luar biasa. Mulai dari lampu pijar hingga mesin jet telah diciptakan secara lebih efisien.  Bahkan Indonesia pun pernah mendapatkan sumbangan dari GE berupa desain pencahayaan baru untuk Candi Borobudur. Hinnga sekarang GE memiliki karyawan yang berjumlah 333.000.
8

Johnson and Johnson


Perusahaan yang berpusat di New Brunswick Amerika Serikat ini adalah produsen untuk peralatan medis, obat-obatan, barang farmasi dan lainnya. Perusahaan yang didirikan oleh tiga bersaudara Robert Wood Johnson, James Wood Johnson dan Edward Mead Johnson ini mulai dibangun sejak 1886. Merek terkenal yang diciptakan oleh perusahaan ini antara lain perban Band-Aid, Tylenol, Produk bayi Johnson’s baby dan lainnya. Saat ini perusahaan Johnson and Johnson memiliki kapitalisasi sebanyak USD 279 miliar atau setara dengan Rp. 3.759 triliun. Hingga sekarang, perusahaan ini memiliki karyawan sebanyak 128.000.
7

Facebook


Hampir seluruh orang menggunakan Facebook. Tak hanya muda mudi saja, tetapi mulai dari anak kecil hingga dewasa pun memiliki akun Facebook. Layanan jejaring sosial ini sangat populer hingga penjuru dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dengan beberapa teman sekamarnya di Universitas Harvard menciptakan alat komunikasi yang modern. Bahkan Facebook telah menjual 421.200.000 saham dalam penawaran perdana dengan harga 38 dollar AS per lembar saham kepada publik. Dengan angka yang fantastis tersebut, Facebook menjadi perusahaan internet dengan nilai IPO tertinggi di Amerika Serikat. Saat ini Facebook memiliki 15.274 karyawan.
6

Amazon


Perusahaan yang berpusat di Seattle, Washington Amerika Serikat ini merupakan perusahaan yang menjual elektronik multinasional. Pada awalnya, Jeff Bezos adalah seorang pendiri Amazon yang memulai bisnisnya dari ritel online atau menjual buku secara online. Ia menyadari bahwa internet dan teknologi menjadi tulangpunggunya perusahaan. Bahkan tahun lalu Amazon memiliki pendapatan sebesar USD 275 miliar yang labanya mencapai USD 567 juta.

Perusahaan yang menaungi bisnis online dari layanan internet hingga produksi ini meraih kesuksesan besar yang menjadikan perusahaan ini sangat terkenal hingga pelosok dunia. Selain bisnis e-commerce yang sangat populer, Amazon memeliki layanan yang berbasis Cloud Computing. Yaitu layanan atau Amazon Web Services (AWS) yang juga mngambil peran bagi pendapatan perusahaan.  Dan diperkirakan bisnis dapat meraup hingga USD 10 miliar di tahun ini. Hingga saat ini Amazon memiliki 222.400 karyawan.

5

Exxon Mobil


Perusahaan yang dibentuk pada 30 November 1999 ini merupakan penghasil dan pengecer minyak. Exxon Mobil ini adalah induk dari perusahaan Exxon, Mobil dan Esso di seluruh dunia. Pada tahun 2005, perusahaan ini mendapatkan keuntungan operasinya sebesar AS$36,13 miliar. Ini merupakan sebuah rekor yang terbesar untuk perusahaan dalam perdagangan publik. Saat ini, Exxon Mobil memiliki karyawan sebanyak 73.500.
4

Berkshire Hathaway


Perusahaan yang terletak di Omaha Amerika Serikat ini merupakan bisnis dalam menaungi asuransi, termasuk properti dan asuransi jiwa, reinsuransi dan asuransi yang khusus. Pada tahun 2015 nilai saham Berkshhire Hathaway adalah perusahaan yang memiliki nilai saham termahal dengan nilai US$ 219.000 per lembarnya atau jika di rupiahkan nilai itu setara dengan 3 milyar rupiah. Tidak sampai disitu, nilai tersebut terus meningkat. Selain itu, perusahaan ini memiliki lebih dari 100 perusahaan sebagai aset melalui pengambil alihan sepenuhnya seperti Coca Cola 9,2 % , Wall-Mart 1,88 % , Johnson and Johnson 0,01 % , Dairy Queen, General Electric, General Motors, Kraft dan lainnya. Perusahaan yang kini memiliki jumlah karyawan sebanyak 360.000 ini adalah bagian dari investor terkaya di dunia, yaitu Warren Buffet.
3

Microsoft


Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975 ini merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berada di Redmond, Washington. Microsoft Corporation ini melakukan pembuatan, pengembangan, pemberian lisensi dan pendukung segala macam produk terkait dengan komputer.

Perusahaan yang saat ini sudah bertahan hingga 42 tahun memiliki jumlah karyawan sebanyak 114.000. dengan banyaknya produk yang dihasilkan dan dikembangkan Microsoft, menjadikan perusahaan ini semakin memiliki laba yang sangat besar. Beberapaproduk terbaik Microsoft antara lain Microsoft Arc Touch Mouse pada tahun 2011, Microsoft Flight Simulator tahun 1982, Microsoft Xbox Original 2001, Windows 95 pada tahun 1995, Microsoft Exchange Server di tahun 1993, Microsoft Windows XP 2001, MS-DOS 1981, Microsoft Office 1990, Windows 3.1 di tahun 1992 dan Xbox 360 pada tahun 2005 serta Kinect di tahun 2010.

2

Alphabet


Perusahaan yang dipimpin oleh Larry Page dan Sergey Brin ini merupakan perusahaan holding dan konglomerat bentukan Google.perusahaan besar yang berpusat di California ini mencakup beberapa sektor seperti teknologi, modal investasi, sosial dan penelitian. Tak hanya Alphabet, ternyata Google juga membentuk perusahaan lainnya antara lain Google Inc, Calici, Google Ventures, Google Capital, Google X dan Nest Labs. Chief Executive Officer, Larry Page mengatakan bahwa alasan restrukurisasi tersebut bertujuan agar masing-masing perusahan dapat fokus dan terus mengembangkan peluang baru. Meskipun usianya baru 2 tahun, perusahaan ini memiliki 69.953 karyawan.
1

Apple


Apple yang dikenal akan produk lunak seperti sistem operasi OS X dan iOS, iTunes serta peramban web safari merupakan perusahaan yang terbesar di dunia. Perusahaan yang berlokasi di Silicon Valley, Cupertino, California ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan hingga penjualan barang-barang elektronik. Perusahaan yang didirikan pada tanggal 1 April 1976 ini menghasilkan beberapa produk elektronik yang terkenal di seluruh dunia. Salah satunya adalah iPhone dan iPad. Kini Apple telah berusia 44 tahun dan memiliki karyawan sebanyak 66.000. bahkan saat ini Apple diperkirakan memiliki nilai US$ 605 miliar. Tak heran perusahaan yang dibangun Steve Jobs ini sangat terkenal hingga penjuru dunia.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!