Gaya Hidup

10 Tempat foto prewedding paling asyik 

Tempat foto prewedding
Wikimedia

Pernikahan adalah momen sakral yang hanya dialami satu kali seumur hidup. Wajar apabila persiapan untuk momen tersebut dibuat sesempurna mungkin. Mulai dari sewa gedung, desain undangan, baju pengantin, dekorasi, catering,  hingga pemilihan tempat foto prewedding menjadi hal paling krusial sebelum hari H.

Bicara tentang tempat foto prewedding, biasanya pilihan tempat tergantung dari masing-masing pasangan. Tema apapun bisa dipilih mulai dari background pantai, pegunungan, hutan, atau tempat-tempat outdoor lainnya. Bahkan tak jarang ada pasangan yang memilih sesi foto prewedding di lokasi ekstrim seperti tebing curam atau bibir kawah pegunungan. Semuanya bertujuan supaya pernikahan terlihat ‘berbeda’ dan berkesan.

Dari sekian banyak tempat indah untuk foto prewedding di Indonesia, berikut kami telah rangkum 10 terbaik diantaranya. Mungkin salah satunya dapat menginspirasi untuk pernikahan Anda nanti.

10

Taman Nasional Bromo – Probolinggo Jawa Timur

Di jawa Timur mungkin sulit mencari pesona keindahan alam yang sebanding dengan Taman Nasional Bromo. Menyusuri jalan sepanjang Bukit Cemorolawang, melewati lautan pasir dengan background 3 Gunung Api yang menjulang, adalah momen tak terlupakan saat berwisata sambil mengambil foto prewedding disana.

Ya. Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Gunung Batok akan menjadi saksi abadi saat kita melewatkan momen terindah di tempat ini. Hamparan pasir di ketinggian adalah spot ‘ajaib’ setelah biasanya hanya menyaksikan lautan pasir di bibir pantai. Tak hanya hamparan pasir maha luas, Danau Ranu Kumbolo dan Danau Darungan menjadi spot menarik untuk background foto prewedding. Jangan lupa, sisipkan momen unik di foto prewedding dengan naik Kuda Khas Suku Tengger.

9

Jembatan Suramadu dan Tunjungan City – Surabaya

Panaroma indah tak cuma tersaji oleh obyek wisata alam. Paling tidak Jembatan Suramadu telah membuktikan kepopulerannya sebagai salah satu tempat foto prewedding yang asyik. Jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura ini tak hanya tercatat sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia, namun juga menyimpan daya tarik karena keindahan disekitarnya. Panorama bibir pantai yang syahdu saat senja, cocok untuk foto prewedding dengan nuansa paling romantis.

Sedikit bergeser dari Jembatan Suramadu, Tunjungan City di Pusat Kota Surabaya sepertinya lebih cocok untuk melengkapi sesi pemotretan prewedding outdoor. Background bangunan tua diantara riuh kendaraan yang melintas merupakan angle yang terbaik untuk hasil foto prewedding yang sempurna.

8

Kalibiru, Kulonprogo – Yogyakarta

Sepertinya sulit mengesampingkan tempat-tempat menarik untuk sesi foto prewedding di Yogyakarta. Benar, Yogyakarta merupakan surga wisata yang terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Dari ratusan tempat wisata alam di Yogyakarta salah satu yang paling menarik untuk foto prewedding adalah Kalibiru yang terletak di Kabupaten Kulonprogo.

Di lokasi wisata Kalibiru kita bisa menyaksikan begitu besar keagungan Tuhan lewat bentang alam yang indah. Tepat di Bukit Menoreh kita bisa melakukan foto prewedding dengan latar belakang Waduk Sermo, Hutan Pinus, juga pegunungan yang menjulang kokoh. Langit biru yang menaungi kawasan Kalibiru menambah kesempurnaan alam yang menakjubkan.

7

Pulau Bidadari – Jakarta

Macet, banjir, panas, polusi memang identik dengan Jakarta. Tapi bukan berarti Jakarta tak memiliki spot-spot menarik untuk foto prewedding. Di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Bidadari kita bisa mengabadikan momen indah saat menyatu dengan alam didalamnya. Benar, pulau yang konon sempat tidak berpenghuni ini sekarang menjelma menjadi destinasi wisata yang tidak hanya dikenal oleh warga Jakarta tapi juga wisatawan dari luar daerah.

Di Pulau Bidadari terdapat Benteng Martello yang pernah menjadi saksi bisu perebutan kekayaan alam Indonesia oleh Inggris dan Belanda. Selain Benteng Martello, lautan pasir pantai di Pulau Bidadari merupakan latar belakang yang mempesona untuk foto prewedding.

6

Pulau Padar, Kepulauan Komodo – Nusa Tenggara Timur

Lokasi wisata di timur Indonesia yang satu ini memang jauh dari keramaian. Namun justru hal tersebut membuktikan Pulau Padar di Kepulauan Komodo Nusa Tenggara Timur ini masih sangat  alami, belum terkontaminasi polusi apapun. Di tempat ini kita leluasa memilih spot-spot menarik untuk foto prewedding terbaik.

Menyusuri Labuhan Bajo dan pantai-pantai eksotis di Kepulauan Komodo sepertinya sulit melewatkan tempat ini tanpa berfoto. Benar, kiblat foto prewedding tidak hanya Bali. NTT dengan Bukit Padar-nya menyimpan pesona alam maha indah untuk mengabadikan momen terbaik dalam bingkai foto prewedding.

5

Pantai Klayar, Pacitan – Jawa Timur

Indonesia memiliki ribuan pantai yang indah. Jadi sekali lagi tidak hanya pantai di Bali atau Raja Ampat Papua yang menjadi kiblat untuk sesi foto prewedding. Pantai yang tak kalah memukau untuk berfoto yaitu Pantai Klayar Pacitan di Provinsi Jawa Timur. Pantai yang belakangan booming di kalangan traveler ini terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Karakteristik ombak besar khas pantai selatan merupakan background foto prewedding yang menakjubkan, belum lagi disempurnakan dengan tebing karang indah disekelilingnya.

Spot menarik untuk background foto prewedding lainnya yaitu di kawasan Pantai Klayar paling ujung timur, dimana terdapat tebing karang yang berjajar menjulang yang nampak mirip patung Spinx. Jika air sedang surut kita bisa melakukan foto di atas karang dengan latar belakang “Seruling Samudra”. Seruling Samudra merupakan fenomena laut, dimana terdapat semburan air dari celah karang yang menimbulkan suara mirip seruling.

4

Gereja Katedral – Jakarta

Ingin foto prewedding seru tapi dana terbatas? Tidak perlu cemas karena di Jakarta banyak spot menarik untuk foto pre-wed tanpa harus bayar mahal. Salah satunya di kompleks Katedral Jakarta. Untuk foto prewedding disini memang tidak dipungut biaya apapun. Namun begitu, kita terlebih dulu harus mendapat surat ijin, mengingat bangunan di kawasan ini adalah rumah ibadah.

Foto prewedding di Katedral layaknya berada di lokasi-lokasi artistik di Eropa. Tempat ibadah yang sudah ada sejak tahun 1901 ini menyuguhkan bangunan gotik layaknya bangunan bernilai seni tinggi di daratan Eropa. Untuk melakukan sesi pemotretan tentunya harus disesuaikan dengan jadwal kegiatan keagamaan. Dengan kata lain, jika ada kegiatan ibadah dilarang melakukan foto prewedding di kawasan ini.

3

Pantai Ora – Maluku

Dari Jakarta kali ini kita kembali ke wilayah timur Indonesia, tepatnya di Pantai Ora, Maluku. Selain deretan pantai di Bali dan Raja Ampat Papua, Pantai Ora termasuk salah satu pantai paling cantik di Indonesia sekaligus cocok untuk sesi pemotretan prewedding. Yang paling menarik dari pantai ini adalah background dengan air sebening kaca sehingga menghasilkan foto yang indah memukau.

Meskipun harus menempuh perjalanan jauh namun mengabadikan momen romantis di Pantai Ora adalah kepuasaan tersendiri. Apalagi foto-foto prewedding yang didapat juga sangat maksimal. Suguhan pemandangan alam di pantai ini memang luar biasa.

2

Taman Nasional Alas Purwo, Baluran – Jawa Tengah

Masih tentang spot-spot menarik untuk foto prewedding dalam negeri, kita bergeser ke Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional yang terletak dekat dengan Taman Nasional Baluran ini menawarkan perpaduan landscape yang lengkap. Deretan gua eksotis, hutan mangrove layaknya di Amazon, padang savanna ala Africa, dan Pantai G-Land nan anggun, semua menawarkan pemandangan mempesona untuk background foto prewedding.

Hampir semua sudut Taman Nasional Alas Purwo terlihat cantik untuk pemotretan. Terlepas cerita mistis yang masih kuat melekat, toh justru semakin banyak pasangan yang keluar masuk hutan lindung ini untuk sekedar jalan-jalan atau foto prewedding.

1

Nusa Dua – Bali

Yang terakhir kita menuju Bali. Foto prewedding di Bali memang berbeda dari tempat lain. Disamping tidak membutuhkan biaya besar, pilihan lokasi pemotretan yang tak kalah cantik dari lokasi-lokasi di luar negeri juga menjadi pertimbangan tersendiri. Bahkan konon Bali juga mendapat predikat rajanya tempat-tempat romantis yang terkenal hingga manca negara.

Di Nusa Dua Bali ada beberapa operator tour yang menawarkan paket foto prewedding unik dengan latar belakang onta dan lautan pasir. Cukup biaya 1 jutaan kita bisa mengikuti pemotretan selama 1 jam. Nah, jika ingin foto prewedding bersama onta tidak perlu jauh-jauh ke Arab bukan?

Berwisata sambil foto-foto memang bukan keharusan. Namun untuk foto prewedding mungkin termasuk pengecualian karena hanya terjadi sekali seumur hidup. Jadi tidak ada salahnya memilih tempat terbaik untuk momen yang mungkin tidak akan terulang ini.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!