Gaya Hidup

10 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Belum banyak diketahui

Tempat Wisata di Gunung Kidul
foody.id

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa daerah Yogyakarta adalah daerah wisata dengan sejuta keindahan. Termasuk dengan salah satu kabupatennya, Gunung Kidul. Banyak tempat wisata di Gunung Kidul yang belum terekspos secara luas.

Lalu mana sajakah ikon wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi? Berikut kami rangkum 10 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang wajib anda kunjungi jika singgah di daerah istimewa Yogyakarta, khususnya daerah Gunung Kidul.

10

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Lama waktu yang dapat ditempuh untuk sampai pada Gua Kalisuci ini sekitar 2 jam dari pusat kota. Tidak lengkap jika berkunjung ke Gunung Kidul namun belum menikmati panorama nan sejuk yang diberikan oleh Goa Kalisuci.

Wisatawan akan dimanjakan dengan menjelajahi hamparan sungai yang berada dibawah tanah. Berpetualang dengan menyusuri sungai yang berada di dalam Goa akan memberi pengalaman yang mengesankan. Wisatawan disediakan alat – alat untuk membantu mempermudah proses wisata dalam gua dengan di pandu pengelola tempat wisata. Sudah dapat dipastikan wisatawan akan terpukau dengan keindahan Goa Kalisuci ini.

9

Pantai Drini

Pantai Drini adalah pantai dengan keistimewaan pulau yang berada ditengah-tengah pantai. Ikon wisata ini disebut juga sebagai salah satu pantai terbaik di Gunung Kidul. Beningnya air di pantai ini akan membawa kesegaran bagi yang memandang. Pantai drini terkenal dengan sebutan pantai dua wajah dimana salah satu sisi menyajikan pemandangan nelayan dengan deburan ombak yang  cukup besar dan disalah satu sisi menyakijan pemandangan ombak yang tenang dengan air yang jernih dan dangkal.

Wisatawan dapat menikmati hamparan pasir yang bersih dan anak–anak dapat pun dapat dengan leluasa bermain di pinggir pantai. Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain didaerah pantai dapat menikmati wahana Gazebo yang telah disediakan oleh pengelola  tempat wisata. Lokasi Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang.

8

Pantai Ngandong

Berbicara tentang pantai wilayah Gunung Kidul tidak akan lepas dimana salah satu pantai yang indah yaitu Pantai Ngandong. Pantai Ngandong berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Memerlukan waktu 2 sampai 3 jam untuk sampai ke wilayah pantai ini. Salah satu kunci menarik pada pantai ini adalah masih terjaganya kebersihan disepanjang pantai serta suasana ombak yang damai.

Pantai Ngandong memberikan kedamaian yang memikat pada saat senja dengan disediakannya tempat duduk di pinggir pantai wisatawan akan merasa semakin dimanjakan. Pantai Ngandong memiliki poin lebih untuk penikmat ketenangan yang sesungguhnya. Berlibur bersama keluarga dapat anda nikmati dengan mengunjungi pantai indah ini.

7

Bukit Kosakora

Bukit yang hits dikalangan anak muda ini ternyata mempunyai segudang alasan untuk menarik pengunjung. Bukan saja sekedar pemandangan yang menkajubkan disajikan oleh bukit  Kosaro namun sebutan menjadi bukit tertinggi disepanjang pantai Gunung Kidul ini juga menjadi senjata yang tepat.

Terletak di sebelah timur Pantai Drini, bukit tersebut memang belum memiliki akses yang mudah untuk dilalui dan harus dengan jalan setapak untuk melalui rute bukit, namun wisatawan tidak akan dikecewakan dengan begitu hebatnya lukisan alam. Berada di puncak bukit maka seperti menikmati kebaikan Tuhan dengan hamparan pantai dari ujung ke ujung, menikmati sunrise ataupun sunset dapat wisatawan pilih. Selain itu bercamping di puncak Bukit Kosara ini juga memberi kesan yang menarik.

6

Goa Jomblang

Salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi jika wisatawan berlibur ke Gunung Kidul adalah Goa Jomblang. Goa Jomblang yang tepatnya berada di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung kidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini termasuk ke dalam tempat wisata yang unik. Kenikmatan yang disajikan dengan keindahan panorama alam yang unik, yaitu bentuk Goa yang vertikal mengharuskan wisatawan menggunakan alat khusus untuk mencapai dasar Goa dan menjadi tantangan tersendiri untuk para wisatawan.

Pada setiap lorong Goa Jomblang yang berbentuk vertikal ini akan menghubungkan dengan lorong Goa lainnya, seperti Goa Grubuk yang terhubung dengan lorong Goa Jomblang. Lorong yang memiliki panjang sekitar 500 meter  ini pun bukan medan yang sulit untuk dilalui. Terdapat jalan setapak yang memudahkan wisatawan untuk menempuh ke arah selanjutnya.

Panorama indah pada bagian akhir lorong Goa Jomblang ini adalah adanya sungai dalam Goa dengan pemandangan cahaya dari langit yang jatuh menembus Goa, layaknya cahaya surga yang terpancar ditemani suara tetesan air dari berbagai sumber. Salah satu ikon wisata di Jogjakarta ini dapat menjadi salah satu referensi yang wajib anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat.

5

Green Village Gedangsari

Tempat wisata yang berada di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan hijau dan juga pemandangan sunset disore hari. Pengunjung juga akan dimanjakan oleh hamparan permadani hijau yang dapat dinikmati dari atas perbukitan.

Ikon terkenal dari tempat wisata ini yaitu keindahan senja yang secara perlahan menghilang dengan bias cahaya memudar menjadikan panorama yang menakjubkan. Tak hanya di sore hari, di malam hari banyak juga yang berada di tempat ini, mereka duduk di gazebo-gazebo yang tersedia ditemani oleh kopi hangat. Tak heran tempat ini selalu ramai kapan pun.

4

Gunung Api Purba Nglanggeran

Tak hanya wisata pantai yang terkenal di Gunung Kidul. Terdapat tempat wisata gunung api yang sangat menarik bagi wisatawan. Tempat wisata yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki gunung api yang aktif puluhan juta lalu, namun saat ini sudah tidak aktif. Gunung dengan panjang sekitar 800 meter dan tinggi sekitar 300 meter ini mempunyai bentuk bongkahan batu andesit yang sangat besar.

Keindahan yang menakjubkan ini berasal dari adanya Sunrise dan Sunset juga adanya bulan yang indah dimalam hari beserta bintang yang bertaburan dilangit. Di tempat ini juga, wisatawan akan mendapatkan pesona alam lainnya yang luar biasa dari ketinggian dengan suguhan alam seperti Gunung Kelir, Sumber Air Comberan, Gunung Gedhe, Gunung Bongos, Gunung Blencong, Gunung Buchu, Tlogo Wungu, Tlogo Mardhido, Talang Kencono dan Pamean Gadhung.

3

Pantai Watu Kodok

Tempat wisata yang berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta ini sangat ramai tidak hanya di hari libur tetapi di hari biasa juga. Tempat alam yang sangat asri dan indah ini menjadi salah satu alasan pengunjung menikmati pantai. Pantai ini dinamakan Watu Kodok karena terdapat bongkahan karang yang seperti kodok. Akhirnya penduduk setempat menyebutnya Pantai Watu Kodok.

Keindahan alam yang berasal dari pemandangan mempesona pasir putih yang dihiasi oleh karang-karang terjal di sepanjang pantai menjadikan tempat ini mempunyai daya tarik sendiri bagi pengunjung. Suasana yang sejuk juga dapat dirasakan karena terdapat pepohonan yang rindang di sepanjang jalan. Tak heran pengunjung sangat antusias ketika menghabiskan liburannya di Pantai Watu Kodok.

2

Pantai Pok Tunggal

Meskipun membutuhkan tenaga yang cukup ekstra untuk mengunjungi dan merasakan keindahan Pantai Pok Tunggal, semuanya kan terbayar ketika tiba di Pantai yang mempesona ini. Perjalanan yang penuh dengan bebatuan diantara dua bukit karang yang sempit, berkelok kelok dan juga agak terjal akan menantang semua pengunjung. Keindahan alam dengan hiasan hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas menjadi obat bagi pengunjung setelah kelelahan menyusuri jalanan.

Disana terdapat pohon Duras yang tumbuh dan sangat dijaga oleh penduduk setempat karena pohon tersebut sangat sulit untuk tumbuh. Pohon yang rindang tumbuh di bibir pantai tersebut menjadi ikon Pantai Pok Tunggal. Namun, keindahan yang menakjubkan sebenarnya berasal dari barisan tebing karang yang berdiri seperti melindungi pantai ini dari luar. Bahkan tebing-tebing yang panjangnya kurang lebih 50 meter ini sangat cocok untuk dijadikan latar foto.

1

Pantai Ngetun

Pantai yang diapit oleh dua bukit yang tinggi dan menghasilkan tempat atau area kecil ini menjadi teluk yang mungil nan indah. Wisata ini adalah tempat favorit di Gunung Kidul. Dengan keindahan alamnya yang berbukit-bukit serta pasir putihnya yang indah menjadi ciri khas dari Pantai Ngetun. Tak hanya menikmati pemandangan yang telah disuguhkan, pengunjung juga dapat berfoto di atas bukit karang untuk melihat keindahan panorama yang lebih menakjubkan.

Karena pantai ini terbilang baru karena tersembunyi, jadi masih sedikit pengunjung yang mendatanginya. Jadi keindahan dan kemurnian pantai sangat masih terjaga utuh.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!