Gaya Hidup

Iniah 10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Kamu Datangi

Tempat Wisata di Jogja
Wikimedia

Jogjakarta menjadi salah satu tempat tujuan dari beberapa orang untuk berlibur. Berbagai tempat wisata di Jogja sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari tempat wisata yang melegenda, kuliner yang terkenal, budaya dan kesenian serta arsitektur bangunan yang ada di Jogja membuat para pengunjung semakin merindukan kota ini.

Sebelum berangkat ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat wisatanya yang indah dan sangat alami. Kali ini Kabar10 akan merangkum 10 tempat wisata di Jogja yang menarik dikunjungi. Dengan keindahan alamnya, Jogja menjadi salah satu tempat wisata yang disukai oleh wisatawan.

10

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di wilayah Desa Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul. Tempat wisata yang sangat indah dan eksotis ini memiliki bentang alam yang sangat indah. Karena gunung ini telah terbentuk dari magma yang telah membeku sekitar 60 juta tahun lalu.

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat berkemah, panjat tebing atau sekedar rekreasi. Disana terdapat tiga gardu pandang, mulai dari yang rendah, sedang hingga yang tinggi disetiap panjang jalan menuju puncak gunung. Butuh waktu selama 1 jam untuk mencapai Puncak Gunung Gede. Dalam perjalanan menuju puncak, akan terlihat bongkahan-bongkahan batu yang sangat besar.

9

Gumuk Pasir Parangkusumo

A post shared by Nikky Sutanto (@nikkysutanto) on

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusomo tidak terlalu jauh dari Parangtritis. Gumuk adalah tumpukan pasir yang telah terbentuk dari pasir yang berasal dari abu vulkanik. Gumuk ini berasal dari hasil letusan Gunung Merapi. Ketika mengunjungi disini, jangan lewatkan untuk melakukan sandboarding.

Olahraga yang mirip dengan skateboarding namun menggunakan alat khusus dan hanya dilakukan di atas pasir. Karena suasananya yang sangat menarik dan indah, tempat ini juga bisa jadi alternatif untuk melakukan foto prewedding.

8

Air Terjun Sri Gethuk

A post shared by Trisni Yuliana (@trisni_y) on

Tempat wisata yang terletak di Desa Bleberan, Playen Gunungkidul ini mempunyai pemandangan alam yang sangat alami ditambah dengan air yang sangat segar. Ketika perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung akan dimanjakan oleh suasana pedesaan yang sangat alami. Meskipun ukuran air terjun ini tidak terlalu tinggi, yang menarik dari sini adalah warna bebatuan yang telah tersusun dengan cantik dan indah.

Selain menikmati pemandangan air terjun, pengunjung juga dapat merasakan pijatan alami dari air yang sedang mengalir. Tidak hanya menyegarkan, mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk juga ternyata menyehatkan.

7

Hutan Pinus Mangunan

Untuk mencapai Hutan Pinus Mangunan, wisatawan harus menempuh sekitar 23 km dari puat kota. Di tempat wisata ini banyak sekali pohon pinus yang tinggi hingga menutupi kawasan. Liburan kali ini akan lebih terasa menyenangkan juga menantang karena suasana alam nya yang sangat segar.

Di tempat ini juga terdapat panggung terbuka dan tempat duduk melingkar yang semuah bahannya terbuat dari kayu. Selain itu, adanya panggung unik ini bertujuan untuk acara hiburan seperti sastra, teater dan purtunjukan musik.

Tak hanya bisa menikmati alam dengan bebas, tiket masuknya pun sangat murah. Dengan mengeluarkan Rp. 3000 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan mobil, wisatawan dapat merasakan keindahan alam pohon pinus. Ada pula waktu yang tepat untuk datang ke Hutan Pinus Mangunan adalah ketika pagi hari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan ketika sore hari pukul 15.00 hingga 18.00.

6

Puncak Becici

A post shared by puncakbecici (@puncakbecici) on

Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul.  Jika  ingin melihat kota Jogja dari ketinggian, Puncak Becici adalah salah satu tempat yang menjadi idola para wisatawan. Puncak Becici dapat ditempuh melewati jalan Imogiri Timur, lalu menuju ke arah Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Tidak perlu khawatir untuk arah jalannya, karena disepanjang jalan yang dihiasi dengan pohon-pohon pinus ini  terdapat petunjuk arah. Kemudian sekitar 15 menit wisatawan akan tiba di Puncak Becici.

Ketika sampai di Puncak Becici, pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan akan terlihat. Seperti petak-petak sawah, Gunung Merapi dan Sindoro, langit biru yang cerah dan juga hiasan-hiasan alam lainnya. Meskipun tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi dan fasilitas yang tersedia masih terbatas, namun keindahan yang disuguhkan di Puncak Becici ini tak kalah menarik yang membuat wisatawan betah dan ingin mengunjunginya kembali.

5

Kebun Buah Mangunan

A post shared by Fiona 🐇 (@fionaa.wu) on

Kebun Buah Mangunan terletak di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam atau dengan menempuh jarak sejauh 35 km dari pusat kota agar tiba di tempat wisata ini. Kebun Buah Mangunan memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah dan juga sangat cantik dilihat dari jarak ketinggian, sekitar kurang lebih 150-200 mdpl.

Selain pemandangan alam, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pesona Sungai Oyo yang mengalir. Pengunjung dapat memetik buah-buahan seperti jambu, jeruk dan mangga di musim tertentu. Tak hanya itu, tersedia juga area untuk outbond, berkemah dan memancing.

Hanya mengeluarkan Rp. 5000 untuk dapat merasakan keindahan alam di Kebun Buah Mangunan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah ketika pukul 06.00 WIB atau di sore hari sekitar pukul 17.00 WIB.

4

Desa Wisata Kalibiru

Akhir-akhir ini Desa Wisata Kalibiru menjadi sangat fenomenal dikalangan remaja. Mulai terkenal ketika seseorang merekam suasana indah di Kulonprogo ini dan mempostingnya di Instagram.  Yang menarik dari tempat wisata ini adalah pengunjung dapat berfoto dengan pose bebas diatas pohon pinus yang tinggi. Ditambah dengan hiasan alam warna hijau pepohonan di lereng bukit menjadi latar belakang yang sangat indah.

Hanya perlu mengeluarkan Rp. 10.000 per orang, pengunjung dapat memasuki tempat wisata fenomenal ini. Wisata ini mulai dibuka untuk umum dari jam 06.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

3

Kebun Binatang Gembiraloka

A post shared by irawati (@irwati53) on

Salah satu tempat wisata yang menarik untuk keluarga adalah Kebun Binatang Gembiraloka. Disini terdapat puluhan hingga ratusan jenis satwa. Tak heran jika tempat wisata ini cukup luas.

Tidak hanya melihat berbagai binatang, pengunjung juga biasa memberikan makanan kepada binatang-binatang. Bahkan mereka juga bias berfoto dengan binatang pilihannya. Karena tempatnya sangat luas, disana tersedia juga kereta mini atau disebut dengan Taring untuk berkeliling.

Selain itu, ada juga perahu boat, kapal katamaran, gajah tunggang, perahu senggol dan lainnya. Dengan biaya Rp. 30.000, pengunjung bias memasuki Kebun Binatang Grmbiraloka.

2

Malioboro

Tempat wisata ini sangat terkenal dan juga menjadi pilihan utama para wisatawan. Bahkan hampir semua orang yang datang ke Jogja, pasti pernah merasakan kenyamanan Malioboro. Wisatawan biasanya berbelanja batik, duduk santai di bangku-bangku yang telah tersedia di trotoar dan juga menikmati kuliner.

Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri di Malioboro. Karena letak tempat ini di jantung ibukota, maka tidak susah untuk datang mengunjunginya. Dan tak perlu membayar karcis untuk menikmati Malioboro karena tempat ini merupakan ruang publik.

1

Pantai Parangtritis

A post shared by Ikhsan Wibowo (@ikhsanwibowo) on

Pantai Parangtritis merupakan pilihan favorit para wisatawan. Karena mereka selalu menyempatkan untuk berkunjung kepantai ini ketika mereka sedang berada di Jogja. Meskipun keindahan pantai biasanya dihiasi dengan pasir putih, berbeda dengan pasir di pantai ini.

Parangtritis memiliki pasir warna hitam. Namun pengunjung dapat menikmati pantai ini dengan mengendarai ATV, bermain air, menyusuri pantai dengan naik bendi atau hanya duduk bersantai sambil menikmati  indahnya pemandangan.

Di malam hari pun pantai ini menjadi primadona. Disini pengunjung dapat merasakan keindahan alam lainnya, yaitu taburan bintang di langit yang sangat cantik. Dapat dinikmati juga dengan kerenyahan jagung bakar dan merasakan kehangatan dari wedang ronde.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!