Gaya Hidup

10 Tempat Wisata di Magelang Paling populer

Tempat Wisata di Magelang
Wikimedia

Magelang merupakan Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Ketika mencari tempat wisata di Magelang, kita akan langsung ingat dengan tempat wisata Candi Borobudur. Pasti hampir semua orang di Indonesia mengetahui atau bahkan sudah mengunjungi Candi yang bersejarah tersebut. Namun, ternyata banyak sekali tempat-tempat wisata selain Candi Borobudur di kota tersebut yang bisa kita jadikan tempat untuk rekreasi bersama keluarga.

Berikut kami rangkum 10 Tempat Wisata di Magelang untuk dijadikan referensi tempat wisata jika anda berkunjung ke kota tersebut.

10

Air Terjun Sekar Langit


Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dengan pepohonan hijau dan suasana sejuknya, menjadikan Air Terjun Sekarlangit terkenal hingga seluruh Indonesia.

Selain terkenal karena keindahan alaminya, air terjun ni terkenal karena Jakatarub dan Nawangwulan. Namun, terlepas dari itu, tempat wisata ini sangat indah dihiasi dengan pepohonan hijau yang berada di sisi kanan dan kiri. Tak heran banyak sekali pengunjung yang datang dari berbagai kota ketika akhir pekan atau saat liburan tiba.

9

Grojogan Kedung Kayang


Air Terjun Kayang / Grojogan Kayang terletak di Jln. Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan , Kabupaten Magelang.

Objek Wisata ini merupakan air tejun alami yang memiliki ketinggian 39 meter dengan posisi kemiringan tebing 80 derajat. Air terjun yang sangat indah dengan suasananya ang sangat sejuk karena berasal dari lereng gunung Merbabu. Ditambah dengan pemandangan hijau serta bebatuan besar di sekitar air terjun menjadikan tempat wisata ini favorit bagi pengunjung.

8

Sungai Progo


Sungai Progo terletak di Perumahan Griya Tok Songo Kota Magelang. Sungai Progo merupakan tempat wisata khusus untuk pengunjung yang suka memacu adrenalinnya. Karena fasilitas di Sungai Progo adalah Rafting atau Arung Jeram.

Jeram yang dimiliki sungai progo mempunyai kelas III sampai dengan V+, jadi paket perjalanan arung jeram yang disediakan bermacam macam dari mulai paket pemula, sampai paket mahir. Kita akan ditemani oleh tim yang mahir dalam bidang rafting, serta diberikan alat rafting lenngkap.

7

Curug Silawe


Kita bisa menemukan Curug Silawe jika kita berkunjung ke Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Tiket masuk ke area wisata air terjun Curug Silawe sangat murah, hanya Rp. 2.000 / orang.

Dinamakan Curug Silawe karena Curug berarti air terjun dan Silawe yang artinya Laba-laba. Curug Silawe memiliki ketinggian 60 meter, dibagian bawah terdapat kolam yang aman digunakan untuk mandi, berenang, atau berendam.

6

Pecinan Magelang


Pecinan Magelang merupakan tempat wisata di Magelang yang dikenal sebagai Malioboronya Kota Magelang, karena memang tempat ini mirip seperti Malioboro yang ada di Yogyakarta. Pecinan Magelang bertempat di Jln. Pemuda, Kota Magelang.

Area Pecinan Magelang merupakan tempat wisata perbelanjaan serta kuliner yang mayoritas pedagang dan penghuni area tersebut merupakan orang Tionghoa. Di tempat ini kita bisa membeli semua kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, elektronik, kuliner, dan masih banyak yang lainnya.

5

Candi Umbul


Candi Umbul terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Candi Umbul bukanlah tempat wisata bangunan Candi seperti biasanya. Namun Candi Umbul adalah tempat wisata pemandian air panas alami, yang sudah ada sejak zaman wangsa syailendra.

Candi Umbul memiliki sumber air panas yang muncul secara alami di tempat tersebut, kemunculan air panas tersebut selalu disertai gelembung-gelembung dari dasar mata air.

Di tempat ini disediakan 2 kolam yang berbeda yaitu kolam dengan air panas belerang, dan kolam dengan air biasa. Dulu tempat ini digunakan oleh putra-putri bangsawan sebagai kolam pemandian, namun sekarang anda bisa merasakan kehangatan sumber mata air yang menyegarkan tersebut.

4

Taman Kyai Langgeng


Taman Kyai Langgeng terletak di Jln. Cempaka No. 6, Kota Magelang. Taman Kyai Langgeng atau Taman Bunga ini merupakan satu-satunya taman terbesar yang ada di kota magelang. Ada berbagai jenis macam Bunga yang ditanam di taman ini.

Taman Kyai Langgeng memiliki Luas sekitar 27 hektar, namun jangan kaget jika anda baru pertama kali kesini. Karena suasana kebun binatang sangat terasa, banyak hewan dan tanaman langka yang di pelihara di taman ini.

Selain itu, banyak fasilitas yang disediakan tempat wisata ini, misalnya Rumah Joglo, Rumah Apung, Becak Air dan masih banyak yang lainnya.

3

Ketep Pass


Ketep Pass adalah tempat wisata yang beralamat di Desa Ketap, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Tiket masuk tempat wisata ini juga sangat murah, hanya Rp. 7.500 / orang.

Tempat wisata ini memiliki luas 8 Km2, dan merupakan objek wisata alam kegunungapian, khususnya sebagai sarana edukasi, rekreasi, dan penelitian yang bagus untuk anda, terutama untuk anak-anak.

Terdapat 2 gardu pandang berupa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat melihat gunung merbabu dan merapi serta lahan persawahan warga sekitar.

Ada juga vulkano theater (bioskop mini) yang memutar film dokumenter aktifitas gunung-gunung merapi dari tahun ke tahun. Anda juga menyaksikan dokumentasi letusan gunung merapi yang pernah terjadi.

Lalu disediakan pula Volkano Center yang bisa digunakan sebagai sarana pendidikan tentang gunung. Terdapat miniatur gunung merapi, dokumen-dokumen, hingga contoh bebatuan letusan gunung.

Jika anda ingin melihat gunung merapi dengan lebih jelas, ada penyedia teropong di tempat wisata tersebut. Sehingga kita bisa mengamati gunung merapi dengan sangat jelas.

2

Rumah Kamera


Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak Objek Wisata satu ini. Rumah Kamerah adalah salah satu rumah milik Tanggol Angien Jatikusumo, salah satu pelukis semarang yang telah lama meninggal di bali.

Rumah ini persis berbentuk Kamera dlsr berukuran besar, namun ada suatu alasan kenapa bapak tanggol membuat rumah tersebut, beliau mengharapkan rumah tersebut di rawat dengan baik setelah dia meninggal.

Rumah tersebut terletak di Jln. Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut sangat murah hanya Rp. 5.000 / orang.

Selain menikmati keindahan desain rumah, kita juga bisa melihat lukisan-lukisan yang mengesankan dari bapak tanggol. setelah puas melihat-lihat lukisan, anda bisa naik ke puncak teratas berbentuk lensa kamera, disana anda bisa melihat sekeliling desa dengan sangat jelas.

1

Punthuk Setumbu


Phuntuk Setumbu merupakan tempat wisata di Magelang yang terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Untuk masuk di tempat wisata ini anda perlu membeli tiket seharga Rp. 15.000 / Orang.

Punthuk Setumbu sebelum menjadi tempat wisata merupakan ladang penduduk sekitar, namun pada saat seorang fotografer berhasil mengambil foto matahari terbit (sunrise) di borobudur, tempat ini menjadi terkenal dan banyak orang ingin menyaksikan sunrise borobudur secara langsung.

Keindahan pada saat sunrise di atas candi borobudur memang tiada duanya. Kita bisa menyaksikan keindahan tersebut dari bukit setinggi 400 meter di pagi hari, ditemani udara yang masih segar kita menyaksikan dan mengabadikan moment indah tersebut.

Jalur pendakian untuk mencapai bukit bisa ditempuh sekitar 15 menit, jadi jika anda ingin menyaksikan sunrise, sebaiknya berangkat lebih awal sekitar jam 04.30 pagi.

Selalu update dengan berlangganan newsletter!